NASIB SARIPETOJO

Bangunan bekas Pabrik Es Saripetojo masuk dalam daftar 117 bangunan cagar budaya (BCB) hasil inventarisasi ulang tim konsultan yang digandeng Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo. Selanjutnya data BCB hasil inventarisasi konsultan segera dikaji lebih mendalam oleh tim ahli bentukan Pemkot. Rencananya tim ahli yang bakal terdiri dari lima hingga tujuh orang itu akan dilegitimasi Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) pekan keempat bulan Juli 2011.

Pembentukan tim ahli yang bertugas mengkaji daftar BCB Kota Solo merupakan respons Pemkot atas Undang-Undang (UU) No 11/ 2010 tentang Cagar Budaya. Dalam UU itu diatur walikota atau bupati berwenang menetapkan BCB berdasar rekomendasi tim ahli. Sementara inventarisasi BCB oleh tim konsultan DTRK sudah dilakukan sejak enam bulan lalu.

Terpisah, konsultan inventarisasi BCB yang digandeng DTRK, Eko Sulistyo menyatakan ada 117 bangunan yang memenuhi kriteria BCB. Angka itu terdiri dari 63 bangunan yang sudah masuk SK Walikota 1992. Sisanya 54 bangunan termasuk bekas Pabrik Es Saripetojo, merupakan hasil inventarisasi terbaru konsultan.

Eko menegaskan daftar BCB hasil inventarisasi sudah dilengkapi dokumen pendukung seperti foto dan sejarahnya. Menurut dia Pabrik Es Saripetojo berhasil memainkan peran sentral dalam pertumbuhan industri di Kota Bengawan dan kabupaten sekitar. Dia yakin tim ahli bentukan Pemkot bakal cepat menyelesaikan pengkajian daftar BCB hasil inventarisasi konsultan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s