Kebangkitan Nasional yang Hampir Mati di Era Globalisasi

Dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang di peringati setiap tanggal 20 Mei, yang saat ini sering diperingati namun hanya sekedar dijadikan sebuah rutinitas ceremony belaka. BEM FISIP UNS mencoba  turut serta dalam menyemarakannya,yang  juga merupakan salah satu program kerja Departemen Luar Negeri. Mencoba untuk mengemas dalam sebuah acara yang lebih menarik dan interaktif yang di harapkan ada nya dampak yang mampu di rasakan oleh peserta yaitu berupa  suatu perubahan meski  minimal hanya terjadi pada diri sendiri. Sebuah acara talkshow interaktif, yang diharapkan agar peserta lebih mampu turut aktif dalam acara tersebut, dengan begitu kita akan mengetahui sejauh apa tingkat kepekaan dan  berpikir kritis mahasiswa terhadap keadaan bangsa ini.

Talkshow interaktif  yang bertemakan  “Kebangkitan Nasional yang Hampir Mati di Era Globalisasi” ini di selenggarakan pada tanggal 31 Mei 2010 di Aula FISIP UNS pada pukul 09.00-12.15. Acara yang diikuti oleh kurang lebih 155 peserta dari 19 fakultas yang ada di Universitas Sebelasmaret Surakarta ini mendapat respon yang cukup baik. Acara yang dipandu oleh seorang moderator cantik, yang sebelumnya adalah seorang  presiden BEM FISIP UNS periode 2009, Ulfa Hidayati, berlangsung cukup interaktif. Pada pembukaan acara juga sempat diisi dengan pembacaan puisi yang dibawakan oleh Ardi dari FKIP, yang sebelumnya juga diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk membangkitkan kembali rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

Narasumber dalam talkshow ini terdiri dari 3 orang yang masing-masing berbicara menurut kapasitas nya masing-masing .  Materi pertama disampaikan oleh seorang narasumber yang beliau adalah seorang pengamat sosial, M T Arifin, beliau berbicara seputar keadaan pemuda yang dilandasi oleh beberapa teori-teori yang ada, sebagai pengamat sosial beliau menjabarkan mengenai bagaimana realita yang terjadi pada pemuda saat ini yang sudah digerus oleh arus globalisasi dan modernisasi sehingga mengakibatkan lunturnya rasa kebangsaan, yang mengakibatkan timbulnya rasa individualistis sehingga kurang pekanya terhadap keadaan bangsa pada saat ini. Materi kedua disampaikan oleh  Drs. Warta M. Hum, seorang sejarawan yang saat ini  juga menjadi dosen di Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS, dengan kapasitas beliau sebagai seorang sejarawan, beliau mengajak kita untuk mem- flashback kembali bagaimana awal tercetusnya hari Kebangkitan Nasional. Beliau menyatakan bahwa semata-mata hari Kebangkitan Nasional yang biasa kita kenal dengan berlatarbelakangkan Budi Oetomo ini, ternyata hal tersebut tidak hanya karena satu pergerakan tersebut melainkan juga dipicu oleh factor-faktor  perjuangan yang lainnya.  Narasumber yang terakhir dibawakan oleh Budiyanto, SH, seorang mahasiswa  lulusan UGM yang pernah menjadi coordinator pusat BEM SI pada periode 2007. Materi yang dibawakan cukup menyita perhatian peserta, pengalaman beliau ketika menjadi coordinator pusat  BEM SI saat itu, serta menunjukkan juga realita seperti apa yang  sebenarnya terjadi kepada pemuda saat ini. Dibawakan dengan sangat apik dan menarik sehingga semangat kepemudaannya pun dapat dirasakan oleh peserta yang ada diacara talkshow pada saat itu, sehingga mampu memberi inspirasi baru kepada peserta yang juga ditantang untuk terus meningkatkan kualitas diri nya agar semata-mata perbaikan diri yang terjadi  tidak hanya dapat dirasakan untuk diri sendiri melainkan juga untuk bangsa dan negaranya.

Serangkaian acara yang sudah diselenggarakan ini diharapkan mampu memberi pencerahan dan inspirasi baru kepada para peserta.  Dalam hal ini diharapkan peserta sebagai seorang mahasiswa yang memiliki peranan dan tanggung jawab sebagai penerus bangsa dan kaum intelektual agar mampu menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan mampu memperjuangkan nasib bangsa agar orientasi dalam menuntut ilmu dilakukan tidak semata-mata untuk kepentingan pribadi melainkan juga digunakan untuk  turut serta dalam mencerdaskan nasib bangsa agar senantiasa menuju kearah yang lebih baik.

BANGKIT SEMANGATKU…

BANGKIT BANGSAKU…

BANGKIT LAH  INDONESIAKU…

HIDUP MAHASISWA…!!!!!!!!

By: Eka Sulistiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s